SUB
TEMA: KONSEP BUDAYA DAN KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA
Indikator
·
Memahami
konsep budaya
·
Memahami
konsep keragaman budaya nasional
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab keragaman budaya Indonesia
·
Menganalisis
sebaran keragaman budaya Indonesia
.
|
Petunjuk Pengerjaan :
a) Silahkan
tutup buku kalian kemudian kerjakan soal-soal di bawah ini secara mandiri!
b) Alokasi
waktu 45 menit!
Soal :
1. Jelaskan pengertian beberapa istilah berikut!
a. Budaya
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
|
b. Kebudayaan
1.
Menurut
Koentjaraningrat
............................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Menurut Ki Hajar Dewantara
............................................................................................................................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
2. Jelaskan
perbedaan antara budaya daerah dengan budaya nasional! Berikan contohnya!
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
3.
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
4.
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
|
5. Sebutkan
minimal 4 faktor yang menyebabkan keragaman budaya di Indonesia!
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
|
SEBARAN KERAGAMAN BUDAYA
NASIONAL
|
Indikator
·
Memahami
konsep budaya
·
Memahami
konsep keragaman budaya nasional
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab keragaman budaya Indonesia
·
Menganalisis
sebaran keragaman budaya Indonesia
.
|
Petunjuk Pengerjaan :
a) Bentuklah
kelompok dengan teman sebangkumu!
b) Silakan
buka bahan ajar kalian atau carilah sumber atau literatur lain untuk melengkapi
jawaban yang kalian!
c) Buatlah peta konsep asal-muasal bangsa
Indonesia dan persebaran bahasa di Indonesia pada lembar terlampir!(lewat email)
SEBARAN KERAGAMAN BUDAYA NASIONAL
|
Indikator
·
Memahami
konsep budaya
·
Memahami
konsep keragaman budaya nasional
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab keragaman budaya Indonesia
·
Menganalisis
sebaran keragaman budaya Indonesia
.
|
Petunjuk Pengerjaan :
a) Bentuklah
kelompok dengan teman sebangkumu!
b) Silakan
buka bahan ajar kalian atau carilah sumber atau literatur lain untuk melengkapi
jawaban yang kalian!
Soal :
(Untuk
Kelompok 1)
Analisislah pengaruh persebaran agama
Hindu-Buddha terhadap keragaman seni dan budaya yang ada di Indonesia saat
ini! Jelaskan dengan menggunakan
pendekatan geografi! (5W1H)
|
(Untuk
Kelompok 2)
Analisislah pengaruh persebaran agama Islam
terhadap keragaman seni dan budaya yang ada di Indonesia saat ini! Jelaskan dengan menggunakan pendekatan
geografi! (5W1H)
|
SEBARAN KERAGAMAN BUDAYA
NASIONAL
|
SUB
TEMA: SEBARAN KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA
Indikator
·
Memahami
konsep budaya
·
Memahami
konsep keragaman budaya nasional
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab keragaman budaya Indonesia
·
Menganalisis
sebaran keragaman budaya Indonesia
·
|
1.
Analisislah
faktor apa yang menyebabkan terjadinya perbedaan alat transportasi pada
beberapa daerah tersebut?
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
2. Menurut kalian, apa saja persamaan gambar rumah
tradisional dari beberapa daerah ini dan mengapa hal ini terjadi?
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
3. Menurut pendapat kalian hal-hal apa saja yang
mempengaruhi perbedaan pakaian adat dari daerah berikut?
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
Identifikasi identitas
nasional
|
SUB
TEMA: KONSEP IDENTITAS NASIONAL
Indikator
·
Memahami
konsep budaya
·
Memahami
konsep keragaman budaya nasional
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab keragaman budaya Indonesia
·
Menganalisis
sebaran keragaman budaya Indonesia
·
|
Petunjuk Pengerjaan :
a) Bentuklah
kelompok dengan teman sebangkumu!
b) Silakan
tutup bahan ajar kalian atau carilah sumber atau literatur lain untuk
melengkapi jawaban yang kalian!
c)
Soal
:
1.
Apakah yang dimaksud
dengan identitas nasional?
2.
Mengapa suku bangsa
menjadi salah satu unsur pembentuk identitas nasional Indonesia?
3.
Mengapa kebudayaan
menjadi salah satu unsur pembentuk identitas nasional Indonesia?
4.
Mengapa agama menjadi
salah satu unsur pembentuk identitas nasional Indonesia?
5.
Jelaskan pengertian
tentang wawasan nusantara!
interaksi global dan pengaruhnya
terhadap budaya nasional
|
Indikator
·
Memahami konsep globalisasi
·
Mengidentifikasi dampak globalisasi terhadap budaya nasional
·
|
Petunjuk Pengerjaan :
a) Bentuklah
kelompok dengan teman sebangkumu!
b) Bacalah
artikel di bawah ini kemudian analisislah isi dari artikel tersebut!
Demam Korea di Indonesia,
Bagaimana dan Mengapa?
dakwatuna.com
– Pernahkah
sahabat demam? Lalu bagaimana rasanya? Makan, tidur, atau belajar menjadi
tidak enak. Belum lagi hidung yang bersin, badan panas, atau kepala pusing
membuat kita semakin menderita. Lalu bagaimana kalau sahabat menderita
demam Korea?
Belakangan
ini budaya Korea begitu nge-trend
di Indonesia. SNSD, Super Junior, Big Bang, Gangnam Style, Boys Before
Flower, merupakan nama atau istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga
kita. Seluruh lapisan masyarakat Indonesia: kaya-miskin, tua-muda, pelajar
hingga ibu rumah tangga, hampir semuanya terjangkit demam Korea. Efek
budaya Korea itu begitu masif hingga merubah tatanan sosial dari masyarakat
Indonesia.
Korean
Wave (Hallyu), istilah yang dicetuskan pertama kali oleh wartawan China
pada akhir 1990-an. Ketika itu berbagai produk entertainment Korea tersebar
luas di China. Tingginya minat negara lain pada produk entertainment Korea membuat
Pemerintah Korea menjadikan Korean
Wave sebagai alat propaganda. Pemerintah Korea mencanangkan beberapa
goal dalam penyebaran
budayanya,termasuk memanfaatkannya
untuk meningkatkan ekonomi Korea dengan menjadikannya sebagai industri.
Segala
hal berbau Korea mulai dari yang musik, film, pakaian, mendapat sambutan
positif dari masyarakat Indonesia, terutama remaja. Banyak dari para remaja
yang rela mengorbankan waktu hingga biaya agar mampu bertemu dengan
idolanya. Belakangan, tur ke Korea Selatan, terutama ke lokasi drama Korea
menjadi tujuan wisata yang banyak diminati fans Indonesia.
Cara
Pemerintah Korea meluaskan pengaruhnya di Indonesia adalah dengan menjalin
kerja sama kebudayaan. Menjamurnya pekan budaya Korea di sejumlah daerah
juga semakin menambah subur persebaran budaya Korea di Indonesia. Belum
lagi ditambah konser live
dari para artis musik Korea yang cukup sering digelar di Indonesia dengan
harga tiket yang tidak dapat dikatakan murah, yaitu mencapai Rp 2,5 juta di
kelas VVIP dan yang paling murah Rp 600 ribu yang selalu terjual habis.
Kreativitas
menjadi keunggulan berikutnya dari budaya Korea. Kepala Prodi Korea FIB
Universitas Indonesia mengatakan budaya Korea sama saja dengan budaya
negara lainnya, termasuk Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri,
tetapi Korea pandai mengemas, memadukan, dan menjual kebudayaannya. Ia
menambahkan, faktor perkembangan teknologi juga turut mendukung sehingga
semakin memperluas penyebarannya. Keunggulan lainnya adalah adanya sinergi
dari berbagai produk Korea. Produk elektronik, fashion, film, musik, dan
lain-lain yang dimiliki Korea saling menguatkan dari sisi promo. Contohnya
adalah para artis Korea yang dijadikan model iklan produk elektronik Korea.
Kesuksesan
produk Korea menyebar di seluruh belahan dunia bukanlah kebetulan. Ini
adalah by design.
Pemerintah Korea telah membuat perencanaan penyebaran budaya ini
bertahun-tahun yang lalu dan hasilnya bisa kita lihat sekarang.
Saat
ini, remaja Indonesia berada dalam situasi yang pelik karena terus digempur
budaya luar. Termasuk budaya Korea. Seakan-akan kecantikan, ketampanan, dan
ketenaran adalah hal-hal yang harus dikejar di masa muda mereka. Padahal
banyak targetan-targetan lain yang lebih mulia untuk diraih.
Melihat
kondisi ini, produser musik di Indonesia juga tak mau ketinggalan.
Memanfaatkan demam yang melanda, mereka membentuk grup musik yang sepintas meniru grup
Korea. Baik lagu maupun dandanannya.
Karena itu, bolehlah diklaim, demam Korea
masih akan bertahan dan berlangsung lama. Jika sakit demam bisa sembuh
dengan obat yang tepat, apakah ada yang mampu menurunkan demam Korea?
Anyeong haseo!
Sumber :
http://www.dakwatuna.com/2013/11/18/42356/demam-korea-di-indonesia-bagaimana-dan-mengapa/
|
Kelompok 1
|
Ludruk di Surabaya di ambang kepunahan
Ludruk merupakan kesenian teater
rakyat yang berasal dari kalangan rakyat jelata. Kesenian ini dipelopori
Santik, petani dari Desa Ceweng, Kec. Gudo, Jombang, Teater rakyat ini
biasanya menceritakan tentang jagoan, kepahlawanan yang dibawakan dengan
nyanyian atau banyolan.
Di Surabaya, Ludruk masih tetap
bertahan walaupun hanya beberapa puluh pemain saja. Hal ini dapat dilihat
dari trafic pengunjung yang biasanya menonton di sebuah gedung di Jalan
Pulo Wonokromo, Surabaya. Jumlah pengunjung yang datang tiap hari rata-rata
10-15 orang saja. Harga tiketnya Rp 2.500. Murah kan? Penghasilan yang
begitu rendah membuat para pemain memiliki pekerjaan sambilan. seperti tata
rias kemantin, d
Tapi sejalan dengan zaman pula,
ludruk terancam punah. Hal ini ditandai dengan kurang minatnya masyarakat
Surabaya untuk menonton Ludruk, jumlah pemain yang bertahan semakin
berkurang, harga tiket yang murah masih belum bisa mendongkrak trafic
pengunjung, dll. Masyarakat saat mengadakan pesta lebih menyenangi musik
dangdut dan konser musik daripada nanggap ludruk. Pertanyaannya sekarang, Sampai kapan ludruk bisa
bertahan?
Peran pemerintah sangat diperlukan
untuk tetap melestarikan budaya khas jawa timur ini. Di samping itu,
pemerintah seharusnya juga berusaha untuk memperhatikan kesejahteraan para
pemain. Jangan sampai Kesenian ini punah dikikis Jaman.
Monggo para the heroes dirembuk
gimana solusinya!
sumber
foto: http://hurek.blogspot.com
|
Kelompok
2
|
Permainan Tradisional, Warisan Sejarah yang Hampir Punah
Nusantara adalah negeri yang besar
dan kaya akan beragam warisan, salah satunya adalah bermacam permainan
anak. Ya, Permainan
anak (dolanan bocah),
demikian orang jawa biasa menyebutnya. Masing-masing daerah mempunyai
jenis permainan anak-anak, ada yang memang berbeda, ada pula yang
permainannya sama tetapi dalam menyebut atau menamainya berbeda. Jadi letak
geografis suatu wilayah memengaruhi keberagaman permainan-permainan
tradisional yang dimiliki oleh Indonesia.
Dolanan menuntut kreativitas anak anak di mana faktor dan kondisi geografi, demografi, dan tatanan sosial dalam masyarakat. Contoh kecil di Jawa khususnya Jawa Barat banyak permainan dengan bahan dan sarananya terbuat dari bambu. Banyak permainan yang terkadang terdengar hanya saat-saat tertentu seperti pada waktu sungai mulai mengering, banyak anak-anak buat JORAN (alat pancing dari bambu dan dengan jenis bambu tertentu) ,di Sumatra (Jambi – Lampung – Riau dan Bengkulu Lodong untuh menakut-nakuti gajah yg masuk di areal kebun atau permukiman.
Permainan tradisional yang beberapa
tahun terakhir jarang kita temui ialah dampak akan kemajuan zaman yang
semakin hari semakin modern. Hal ini karena kemajuan jaman telah jauh
membawa segala yang berbau teknologi dan kemudahan banyak diminati. Dalam
banyak aspek kehidupan sudah semakin meninggalkan segala sesuatu yang
berbau tradisional, tentu saja hal ini ada kurang lebihnya. Sebagai contoh,
anak-anak sekarang lebih suka memainkan game online daripada permainan
tradisional.
Permainan dibagi menjadi 2 yaitu permainan
bersifat Individu dan permainan yang bersifat kelompok atau team. Kemudian
ada juga permainan strategis, ketangkasan, olahraga, kreativitas dan
pembelajaran. Keseluruhan permainan tersebut memiliki nilai budaya yang
terkandung di dalamnya diantaranya :
(1)
Mainan yang bersifat menirukan perbuatan orang dewasa, misalnya pasaran, mantenan,
dayoh-dayohan, membuat rumah dari batu dan pasir, membuat pakaian boneka
dari kain perca atau dari kertas, serta membuat wayang dari janur atau
rerumputan. Saat permainan ini berlangsung, saking asyiknya anak-anak
merasakannya sebagai perbuatan yang sungguh-sungguh.
(2) Permainan
untuk mencoba kekuatan dan kecakapan. Permainan ini tanpa disadari
anak-anak bertujuan melatih kekuatan dan kecakapan jasmani. Permainan itu
misalnya tarik-menarik, berguling-guling, bergulat, berkejar-kejaran, gobak
sodor, gobak bunder, bengkat, benthik-uncal, jethungan, genukan dengan
gendongan, obrok, tembung, dan bandhulan. Jenis permainan ini masih banyak
lagi yang tak dikenal oleh generasi masa kini.
(3) Permainan melatih pancaindera. Dalam permainan ini termasuk latihan
kecakapan meraba dengan tangan, menghitung bilangan, memperkirakan jarak,
menajamkan alat penglihatan dan pendengaran, serta menggambar. Permainan
semacam itu misalnya gatheng, dakon, macanan, sumbar-suru, sumbar-manuk,
sumbar-dulit, kubuk, adu-kecik, adu-kemiri, main kelereng, jirak, bengkat,
pathon, dekepan, menggambar di tanah, main petak umpet, main
bayang-bayangan, dan serang-serongan. Permainan jenis kedua dan ketiga ini
erat hubungannya dengan aktivitas olahraga.
(4) Permainan dengan latihan bahasa, yaitu permainan anak-anak berupa
percakapan. Setiap kali anak-anak berkumpul biasanya selalu terlibat dalam
perbincangan tentang dongeng, cerita pengalaman, atau teka-teki yang
menumbuhkan fantasi.
(5)
Biasanya tampil seseorang dengan teka-teki yang
kemudian anak lainnya mengikuti sehingga tidak hanya bersikap pasif
menebak, tetapi juga membalas mengajukan teka-teki sendiri. Ini tidak
terbatas pada teka-teki yang sudah lazim, seperti pitik-walik saba kebon
dan pong-pong bolong, tetapi bisa timbul teka-teki buatan sendiri yang
orisinal. Di sinilah tumbuh kembangnya kecakapan bahasa dan kecerdasan
otak.
(6)
Permainan
dengan lagu dan irama. Membicarakan
”dolanan anak” dengan lagu dan gerak wirama sangatlah luas dan banyak
sekali ragamnya, misalnya jamuran, cublak-cublak suweng,
bibi tumbas timun, manuk-manuk dipanah,
tokung-tokung, blarak-blarak sempal, demplo, bang-bang-tut, pung-irung, bethu-thonthong,
kidang-talun, dan ilir-ilir.
Permainan tradisional pada umumnya
mempunyai arti dan makna moral atau sikap yang baik terhadap perkembangan
anak usia dini. Oleh karena itu, kita perlu menjaga dan melestarikan
permainan tersebut. Selain sebagai pelajaran moral terhadap anak, permainan
tradisional merupakan warisan kesenian bangsa Indonesia yang mempunyai
nilai tinggi. Jangan sampai kesenian tersebut justru dipelajari, bahkan
diklaim sebagai milik budaya bangsa lain.
|
Kelompok 3
|
tugas ini di kumpul lewat email pang lambat tanggal 24 februari 2016 , jangan lewat dari jam 19,00
interaksi global dan pengaruhnya
terhadap budaya nasional
|
Lembar Evaluasi
Secara mandiri, kerjakanlah lembar evaluasi berikut
ini!
1.
Apakah yang
dimaksud dengan globalisasi?
2.
Bagaimanakah
ciri-ciri globalisasi?
3.
Apa sajakah
5 dampak positif globalisasi menurut kalian?
4.
Apa sajakah
5 dampak negatif globalisasi menurut kalian?
5.
Bagaimanakah
upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak negatif globalisasi?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar