Minggu, 07 Februari 2016

Tugas selanjutnya sebagai bahan ajar tambahan untuk kelas xi IPS 1 SMA N 1 Semarapura



SEBARAN KERAGAMAN BUDAYA NASIONAL
 

 
SUB TEMA: KONSEP BUDAYA DAN KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA
Indikator
·         Memahami konsep budaya
·         Memahami konsep keragaman budaya nasional
·         Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab keragaman budaya Indonesia
·         Menganalisis sebaran keragaman budaya Indonesia
.
LK 1.1


Petunjuk Pengerjaan :
a)  Silahkan tutup buku kalian kemudian kerjakan soal-soal di bawah ini secara mandiri!
b)  Alokasi waktu 45 menit!
Soal :
1.   Jelaskan pengertian beberapa istilah berikut!
a.    Budaya
..................................................................................................................................................... .....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................



b.    Kebudayaan
1.   Menurut Koentjaraningrat
............................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2.  Menurut Ki Hajar Dewantara
............................................................................................................................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2.  Jelaskan perbedaan antara budaya daerah dengan budaya nasional! Berikan contohnya!

..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 


3. 
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Jelaskan pengertian kebudayaan nasional sesuai dengan TAP MPR No.II tahun 1998!


4. 
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
Apakah yang dimaksud dengan keragaman budaya?

5.  Sebutkan minimal 4 faktor yang menyebabkan keragaman budaya di Indonesia!
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
 




























SEBARAN KERAGAMAN BUDAYA NASIONAL

 
Indikator
·         Memahami konsep budaya
·         Memahami konsep keragaman budaya nasional
·         Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab keragaman budaya Indonesia
·         Menganalisis sebaran keragaman budaya Indonesia
.
LK 1.2


Petunjuk Pengerjaan :
a)  Bentuklah kelompok dengan teman sebangkumu!
b)  Silakan buka bahan ajar kalian atau carilah sumber atau literatur lain untuk melengkapi jawaban yang kalian!
c)  Buatlah peta konsep asal-muasal bangsa Indonesia dan persebaran bahasa di Indonesia pada lembar terlampir!(lewat email)



 




SEBARAN KERAGAMAN BUDAYA NASIONAL

 
Indikator
·         Memahami konsep budaya
·         Memahami konsep keragaman budaya nasional
·         Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab keragaman budaya Indonesia
·         Menganalisis sebaran keragaman budaya Indonesia
.
LK 1.3


Petunjuk Pengerjaan :
a)  Bentuklah kelompok dengan teman sebangkumu!
b)  Silakan buka bahan ajar kalian atau carilah sumber atau literatur lain untuk melengkapi jawaban yang kalian!


Soal :

(Untuk Kelompok 1)
Analisislah pengaruh persebaran agama Hindu-Buddha terhadap keragaman seni dan budaya yang ada di Indonesia saat ini!  Jelaskan dengan menggunakan pendekatan geografi! (5W1H)

(Untuk Kelompok 2)
Analisislah pengaruh persebaran agama Islam terhadap keragaman seni dan budaya yang ada di Indonesia saat ini!  Jelaskan dengan menggunakan pendekatan geografi! (5W1H)




 















SEBARAN KERAGAMAN BUDAYA NASIONAL

 


SUB TEMA: SEBARAN KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA
Indikator
·         Memahami konsep budaya
·         Memahami konsep keragaman budaya nasional
·         Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab keragaman budaya Indonesia
·         Menganalisis sebaran keragaman budaya Indonesia
·       


1.   Analisislah faktor apa yang menyebabkan terjadinya perbedaan alat transportasi pada beberapa daerah tersebut?
.............................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. .............................................................................................................................................................................

2.  Menurut kalian, apa saja persamaan gambar rumah tradisional dari beberapa daerah ini dan mengapa hal ini terjadi?
............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. .............................................................................................................................................................................

3.  Menurut pendapat kalian hal-hal apa saja yang mempengaruhi perbedaan pakaian adat dari daerah berikut?
............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. ............................................................................................................................................................................. .............................................................................................................................................................................



Identifikasi identitas nasional

 
SUB TEMA: KONSEP IDENTITAS NASIONAL
Indikator
·         Memahami konsep budaya
·         Memahami konsep keragaman budaya nasional
·         Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab keragaman budaya Indonesia
·         Menganalisis sebaran keragaman budaya Indonesia

·       
LK 3.1


Petunjuk Pengerjaan :
a)  Bentuklah kelompok dengan teman sebangkumu!
b)  Silakan tutup bahan ajar kalian atau carilah sumber atau literatur lain untuk melengkapi jawaban yang kalian!
c)

Soal :
1.      Apakah yang dimaksud dengan identitas nasional?




2.     Mengapa suku bangsa menjadi salah satu unsur pembentuk identitas nasional Indonesia?




3.     Mengapa kebudayaan menjadi salah satu unsur pembentuk identitas nasional Indonesia?




4.     Mengapa agama menjadi salah satu unsur pembentuk identitas nasional Indonesia?




5.     Jelaskan pengertian tentang wawasan nusantara!
























                                                  
interaksi global dan pengaruhnya terhadap budaya nasional

Indikator
·    Memahami konsep globalisasi
·    Mengidentifikasi dampak globalisasi terhadap budaya nasional

·       
LK 4.1

Petunjuk Pengerjaan :
a)  Bentuklah kelompok dengan teman sebangkumu!
b)  Bacalah artikel di bawah ini kemudian analisislah isi dari artikel tersebut!


Demam Korea di Indonesia, Bagaimana dan Mengapa?
dakwatuna.com – Pernahkah sahabat demam? Lalu bagaimana rasanya? Makan, tidur, atau belajar menjadi tidak enak. Belum lagi hidung yang bersin, badan panas, atau kepala pusing membuat kita semakin menderita. Lalu bagaimana kalau sahabat menderita demam Korea?
Belakangan ini budaya Korea begitu nge-trend di Indonesia. SNSD, Super Junior, Big Bang, Gangnam Style, Boys Before Flower, merupakan nama atau istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Seluruh lapisan masyarakat Indonesia: kaya-miskin, tua-muda, pelajar hingga ibu rumah tangga, hampir semuanya terjangkit demam Korea. Efek budaya Korea itu begitu masif hingga merubah tatanan sosial dari masyarakat Indonesia.
Korean Wave (Hallyu), istilah yang dicetuskan pertama kali oleh wartawan China pada akhir 1990-an. Ketika itu berbagai produk entertainment Korea tersebar luas di China. Tingginya minat negara lain pada produk entertainment Korea membuat Pemerintah Korea menjadikan Korean Wave sebagai alat propaganda. Pemerintah Korea mencanangkan beberapa goal dalam penyebaran budayanya,termasuk  memanfaatkannya untuk meningkatkan ekonomi Korea dengan menjadikannya sebagai industri.
Segala hal berbau Korea mulai dari yang musik, film, pakaian, mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia, terutama remaja. Banyak dari para remaja yang rela mengorbankan waktu hingga biaya agar mampu bertemu dengan idolanya. Belakangan, tur ke Korea Selatan, terutama ke lokasi drama Korea menjadi tujuan wisata yang banyak diminati fans Indonesia.
Cara Pemerintah Korea meluaskan pengaruhnya di Indonesia adalah dengan menjalin kerja sama kebudayaan. Menjamurnya pekan budaya Korea di sejumlah daerah juga semakin menambah subur persebaran budaya Korea di Indonesia. Belum lagi ditambah konser live dari para artis musik Korea yang cukup sering digelar di Indonesia dengan harga tiket yang tidak dapat dikatakan murah, yaitu mencapai Rp 2,5 juta di kelas VVIP dan yang paling murah Rp 600 ribu yang selalu terjual habis.
Kreativitas menjadi keunggulan berikutnya dari budaya Korea. Kepala Prodi Korea FIB Universitas Indonesia mengatakan budaya Korea sama saja dengan budaya negara lainnya, termasuk Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri, tetapi Korea pandai mengemas, memadukan, dan menjual kebudayaannya. Ia menambahkan, faktor perkembangan teknologi juga turut mendukung sehingga semakin memperluas penyebarannya. Keunggulan lainnya adalah adanya sinergi dari berbagai produk Korea. Produk elektronik, fashion, film, musik, dan lain-lain yang dimiliki Korea saling menguatkan dari sisi promo. Contohnya adalah para artis Korea yang dijadikan model iklan produk elektronik Korea.
Kesuksesan produk Korea menyebar di seluruh belahan dunia bukanlah kebetulan. Ini adalah by design. Pemerintah Korea telah membuat perencanaan penyebaran budaya ini bertahun-tahun yang lalu dan hasilnya bisa kita lihat sekarang.
Saat ini, remaja Indonesia berada dalam situasi yang pelik karena terus digempur budaya luar. Termasuk budaya Korea. Seakan-akan kecantikan, ketampanan, dan ketenaran adalah hal-hal yang harus dikejar di masa muda mereka. Padahal banyak targetan-targetan lain yang lebih mulia untuk diraih.
Melihat kondisi ini, produser musik di Indonesia juga tak mau ketinggalan. Memanfaatkan demam yang melanda, mereka membentuk grup musik yang sepintas meniru grup Korea. Baik lagu maupun dandanannya.
Karena itu, bolehlah diklaim, demam Korea masih akan bertahan dan berlangsung lama. Jika sakit demam bisa sembuh dengan obat yang tepat, apakah ada yang mampu menurunkan demam Korea?
Anyeong haseo!
Sumber : http://www.dakwatuna.com/2013/11/18/42356/demam-korea-di-indonesia-bagaimana-dan-mengapa/

Kelompok 1

Ludruk di Surabaya di ambang kepunahan

Ludruk merupakan kesenian teater rakyat yang berasal dari kalangan rakyat jelata. Kesenian ini dipelopori Santik, petani dari Desa Ceweng, Kec. Gudo, Jombang, Teater rakyat ini biasanya menceritakan tentang jagoan, kepahlawanan yang dibawakan dengan nyanyian atau banyolan.
Di Surabaya, Ludruk masih tetap bertahan walaupun hanya beberapa puluh pemain saja. Hal ini dapat dilihat dari trafic pengunjung yang biasanya menonton di sebuah gedung di Jalan Pulo Wonokromo, Surabaya. Jumlah pengunjung yang datang tiap hari rata-rata 10-15 orang saja. Harga tiketnya Rp 2.500. Murah kan? Penghasilan yang begitu rendah membuat para pemain memiliki pekerjaan sambilan. seperti tata rias kemantin, d
Tapi sejalan dengan zaman pula, ludruk terancam punah. Hal ini ditandai dengan kurang minatnya masyarakat Surabaya untuk menonton Ludruk, jumlah pemain yang bertahan semakin berkurang, harga tiket yang murah masih belum bisa mendongkrak trafic pengunjung, dll. Masyarakat saat mengadakan pesta lebih menyenangi musik dangdut dan konser musik daripada nanggap ludruk. Pertanyaannya sekarang, Sampai kapan ludruk bisa bertahan?
Peran pemerintah sangat diperlukan untuk tetap melestarikan budaya khas jawa timur ini. Di samping itu, pemerintah seharusnya juga berusaha untuk memperhatikan kesejahteraan para pemain. Jangan sampai Kesenian ini punah dikikis Jaman.
Monggo para the heroes dirembuk gimana solusinya!
sumber foto: http://hurek.blogspot.com

Kelompok 2
 



Permainan Tradisional, Warisan Sejarah yang Hampir Punah

Nusantara adalah negeri yang besar dan kaya akan beragam warisan, salah satunya adalah bermacam permainan anak. Ya, Permainan anak  (dolanan bocah), demikian orang jawa biasa menyebutnya. Masing-masing daerah mempunyai jenis permainan anak-anak, ada yang memang berbeda, ada pula yang permainannya sama tetapi dalam menyebut atau menamainya berbeda. Jadi letak geografis suatu wilayah memengaruhi keberagaman permainan-permainan tradisional yang dimiliki oleh Indonesia.

Dolanan menuntut kreativitas anak anak di mana faktor dan kondisi geografi,  demografi, dan  tatanan sosial dalam masyarakat. Contoh kecil di Jawa khususnya Jawa Barat  banyak permainan dengan bahan dan sarananya terbuat dari bambu. Banyak permainan yang terkadang terdengar hanya saat-saat tertentu seperti pada waktu sungai mulai mengering, banyak anak-anak buat JORAN (alat pancing dari bambu dan dengan jenis bambu tertentu) ,di Sumatra  (Jambi – Lampung – Riau dan Bengkulu Lodong untuh menakut-nakuti gajah yg masuk di areal kebun atau permukiman.

Permainan tradisional yang beberapa tahun terakhir jarang kita temui ialah dampak akan kemajuan zaman yang semakin hari semakin modern. Hal ini karena kemajuan jaman telah jauh membawa segala yang berbau teknologi dan kemudahan banyak diminati. Dalam banyak aspek kehidupan sudah semakin meninggalkan segala sesuatu yang berbau tradisional, tentu saja hal ini ada kurang lebihnya. Sebagai contoh, anak-anak sekarang lebih suka memainkan game online daripada permainan tradisional.
Permainan dibagi menjadi 2 yaitu permainan bersifat Individu dan permainan yang bersifat kelompok atau team. Kemudian ada juga permainan strategis, ketangkasan, olahraga, kreativitas dan pembelajaran. Keseluruhan permainan tersebut memiliki nilai budaya yang terkandung di dalamnya diantaranya :
(1)    Mainan yang bersifat menirukan perbuatan orang dewasa, misalnya pasaran, mantenan, dayoh-dayohan, membuat rumah dari batu dan pasir, membuat pakaian boneka dari kain perca atau dari kertas, serta membuat wayang dari janur atau rerumputan. Saat permainan ini berlangsung, saking asyiknya anak-anak merasakannya sebagai perbuatan yang sungguh-sungguh.
(2)    Permainan untuk mencoba kekuatan dan kecakapan. Permainan ini tanpa disadari anak-anak bertujuan melatih kekuatan dan kecakapan jasmani. Permainan itu misalnya tarik-menarik, berguling-guling, bergulat, berkejar-kejaran, gobak sodor, gobak bunder, bengkat, benthik-uncal, jethungan, genukan dengan gendongan, obrok, tembung, dan bandhulan. Jenis permainan ini masih banyak lagi yang tak dikenal oleh generasi masa kini.
(3)    Permainan melatih pancaindera. Dalam permainan ini termasuk latihan kecakapan meraba dengan tangan, menghitung bilangan, memperkirakan jarak, menajamkan alat penglihatan dan pendengaran, serta menggambar. Permainan semacam itu misalnya gatheng, dakon, macanan, sumbar-suru, sumbar-manuk, sumbar-dulit, kubuk, adu-kecik, adu-kemiri, main kelereng, jirak, bengkat, pathon, dekepan, menggambar di tanah, main petak umpet, main bayang-bayangan, dan serang-serongan. Permainan jenis kedua dan ketiga ini erat hubungannya dengan aktivitas olahraga.
(4)    Permainan dengan latihan bahasa, yaitu permainan anak-anak berupa percakapan. Setiap kali anak-anak berkumpul biasanya selalu terlibat dalam perbincangan tentang dongeng, cerita pengalaman, atau teka-teki yang menumbuhkan fantasi.
(5)    Biasanya tampil seseorang dengan teka-teki yang kemudian anak lainnya mengikuti sehingga tidak hanya bersikap pasif menebak, tetapi juga membalas mengajukan teka-teki sendiri. Ini tidak terbatas pada teka-teki yang sudah lazim, seperti pitik-walik saba kebon dan pong-pong bolong, tetapi bisa timbul teka-teki buatan sendiri yang orisinal. Di sinilah tumbuh kembangnya kecakapan bahasa dan kecerdasan otak.
(6)     Permainan dengan lagu dan irama. Membicarakan ”dolanan anak” dengan lagu dan gerak wirama sangatlah luas dan banyak sekali ragamnya, misalnya jamuran, cublak-cublak suweng, bibi tumbas timun, manuk-manuk dipanah, tokung-tokung, blarak-blarak sempal, demplo, bang-bang-tut, pung-irung, bethu-thonthong, kidang-talun, dan ilir-ilir.

Permainan tradisional pada umumnya mempunyai arti dan makna moral atau sikap yang baik terhadap perkembangan anak usia dini. Oleh karena itu, kita perlu menjaga dan melestarikan permainan tersebut. Selain sebagai pelajaran moral terhadap anak, permainan tradisional merupakan warisan kesenian bangsa Indonesia yang mempunyai nilai tinggi. Jangan sampai kesenian tersebut justru dipelajari, bahkan diklaim sebagai milik budaya bangsa lain.


Kelompok 3

 










































 tugas ini di kumpul lewat email pang lambat tanggal 24 februari 2016 , jangan lewat dari jam 19,00






                                                  
interaksi global dan pengaruhnya terhadap budaya nasional

Lembar Evaluasi
Secara mandiri, kerjakanlah lembar evaluasi berikut ini!
1.     Apakah yang dimaksud dengan globalisasi?
2.    Bagaimanakah ciri-ciri globalisasi?
3.    Apa sajakah 5 dampak positif globalisasi menurut kalian?
4.    Apa sajakah 5 dampak negatif globalisasi menurut kalian?
5.    Bagaimanakah up­aya yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak negatif globalisasi?



































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 https://www.kompasbelajar.com/2022/03/kumpulan-soal-ujian-akhir-sekolah.html https://www.kompasbelajar.com/2022/01/penilaian-akhir-harian-g...